ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI ANAK
Abstract
Penggunaan media sosial bermanfaat dalam aspek informasi dan komunikasi. Pemanfaatan media sosial menunjang aspek pendidikan, tetapi jika berlebihan menyebabkan ketagihan dan berdampak buruk pada prestasi anak. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh media sosial dengan prestasi anak. Penelitian bersifat survei analitik dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian menggunakan teknik total sampling sesuai inklusi berjumlah 245 siswa. Data primer dari kuesioner Bergen Social Media Addiction Scale dan data sekunder dari nilai rapor siswa pada awal semester dan akhir semester. Analisis penelitian menggunakan uji Sommers’d. Hasil penelitian menyatakan bawah pengaruh media sosial sebesar 8,8% kategori ringan, 87.2% kategori sedang, dan 9,0% kategori berat. Kekuatan hubungan di dapat hasil 0,001, nilai sig. 0,999 (p>0,05) yang berarti kekuatan hubungan sangat lemah atau tidak ada hubungan sama sekali. Maka disimpulkan tidak terdapat pengaruh media sosial dengan prestasi anak.
Copyright (c) 2024 Ari Kurniasih, Mayang Sari Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.