PEMANFAATAN TERAPI MUSIK KLASIK DALAM UPAYA MENURUNKAN TINGKAT STRESS KERJA GURU SD SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Menutup sekolah dan menerapkan sistem belajar online merupakan salah satu kebijakan Pemerintah yang harus ditaati sebagai respon terhadap pandemi COVID-19 (Coronavirus Disease 2019). Banyak guru mengalami stress kerja sebagai akibat menyediakan bahan belajar online. Terapi musik klasik dipercaya dapat menangani stress kerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik terhadap penurunan tingkat stress kerja guru SD selama pandemi COVID-19 di Kecamatan Tinggi Raja. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperiment dengan pendekatan One Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling, sebanyak 27 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner DASS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stress kerja sebelum pemberian terapi musik yaitu normal 11,1%, stress ringan 22,2%, stress sedang 59,3%,stress berat 7,4%, setelah diberikan terapi musik terjadi perubahan tingkat stress, normal 85,2%, stress ringan 11,1%, stress sedang 3,7%. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank menunjukkan nilai p= 0.000 (< 0.05), yang berarti ada pengaruh terapi musik klasik terhadap penurunan stress kerja pada guru SD selama masa pandemi COVID-19 di Kecamatan Tinggi Raja Tahun 2021.
Copyright (c) 2022 Maffe Robbi Simanjuntak, Ratna Fadhilah Tampubolon, Yuliani Manurung, Eva Ellya Sibagariang, Dameria Gultom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.