JARAK PANDANG PADA PEMAKAIAN GAWAI BERHUBUNGAN DENGAN PENURUNAN VISUS MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DI SURAKARTA
Abstract
Tingkat pemakaian gawai mengalami kenaikan setiap tahunnya, hampir seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran di Surakarta menggunakan gawai tiap hari. Penurunan visus dapat menjadi salah satu akibat dari pemakaian gawai tersebut. Pemakaian gawai dengan jarak pandang kurang dari 30 centimeter serta durasi lebih dari 4 jam perhari dinilai sebagai unsafe action. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara jarak pandang serta durasi penggunaan gawai dengan penurunan visus pada mahasiswa Fakultas Kedokteran di Surakarta. Jenis penelitian ini memakai kuantitatif desain deskriptif korelatif yang mengenakan pendekatan cross sectional. Besar sampel yang digunakan sebanyak 63 responden dengan pengambilan sampel memakai stratified sampling. Pengambilan data dilakukan secara langsung pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil uji chi square terkait jarak pandang dengan penurunan visus didapatkan nilai p sebesar 0, 012 ( p< 0, 05). Hasil uji chi square terkait durasi penggunaan gawai dengan penurunan visus diperoleh nilai p sebesar 0, 935 ( p> 0, 05). Simpulan yaitu terdapat hubungan antara jarak pandang dengan penurunan visus serta tidak terdapat hubungan antara durasi pemakaian gawai dengan penurunan visus pada mahasiswa Fakultas Kedokteran di Surakarta.
References
World Health Organization (WHO). Blindness and vision impairment. Published online 2022.
Pitriani AC, Primanagara R, Pratiwi W. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Untuk Sosial Media Dan Game Online Terhadap Miopia Pada Siswa SMA Negeri 1 Kota Cirebon. Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan. 2021;7(1), 1–6
Oktavani Y, Fadilah TF. Hubungan antara intensitas penggunaan game online dengan visus pada siswa di SMA. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan. 2018;1(3), 198–202.
Kemenkes Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2013; RISKESDAS. Published online 2013.
Herawati E, Utami LW. Adiksi Internet Menyebabkan Masalah Emosional Dan Perilaku Pada Remaja. Biomedika. 2022;14(1):74-80. doi:10.23917/biomedika.v14i1.17126
Hidayani NP, Tat F, Djogo HMA. Hubungan Antara Lama Penggunaan, Jarak Pandang Dan Posisi Tubuh Saat Menggunakan Gagdet Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Kelas 5 Dan 6 Di Sdk Citra Bangsa Kupang. Chmk Applied Scientific Journal .2020;3(1): 27-34.
Susanti M, Kurniawati, K. Hubungan Durasi Penggunaan Gawai Dengan Visus Pada Mahasiswa Fk Uisu Tahun 2020. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara. 2021;20(2): 91-102.
Abdu S, Saranga’ JL, Sulu V, Wahyuni R. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. J Keperawatan Florence Nightingale. 2021;4(1):24-30. doi:10.52774/jkfn.v4i1.59
Sumakul JJ, Marunduh SR, Doda DVD. Hubungan Penggunaan Gawai dan Gangguan Visus pada Siswa SMA Negeri 1 Kawangkoan eBiomedik. 2021;8(1):28-36.
Assem AS, Tegegne MM, Fekadu SA. Prevalence and associated factors of myopia among school children in Bahir Dar city, Northwest Ethiopia, 2019. Hejtmancik JF, ed. PLOS ONE. 2021;16(3):e0248936. doi:10.1371/journal.pone.0248936
Siswoyo S, Zulfatul A’la M, Novema L, Kushariyadi K. Hubungan Unsafe Action Penggunaan Gadget Dengan Nilai Visus Pada Remaja Miopia Di Rumah Sakit Daerah Balung Kabupaten Jember. Bima Nurs J. 2022;3(2):124. doi:10.32807/bnj.v3i2.874
Kaur K, Gurnani B, Nayak S, et al. Digital Eye Strain- A Comprehensive Review. Ophthalmol Ther. 2022;11(5):1655-1680. doi:10.1007/s40123-022-00540-9
Hughes RPJ, Read SA, Collins MJ, Vincent SJ. Changes in ocular biometry during short‐term accommodation in children. Ophthalmic Physiol Opt. 2020;40(5):584-594. doi:10.1111/opo.12711
Puspitasari I, Faridah U, Saefudin I. Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Fungsi Penglihatan pada Anak Sekolah di SDN Margomulyo Tayu Pati. The 13 Th University Research Colloqium 2021, 66–71.
Mardiana SS, Hartinah D, Faridah U, Prabowo N. Hubungan Antara Bermain Gadget dengan Ketajaman Nilai Visus Mata pada Anak Usia Sekolah TPQ Mamba’ul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun 2018. Proceeding of The 10th University Research Colloquium 2019, 228–237.
Lee JW, Cho HG, Moon BY, Kim SY, Yu DS. Effects of prolonged continuous computer gaming on physical and ocular symptoms and binocular vision functions in young healthy individuals. PeerJ. 2019;7:e7050. doi:10.7717/peerj.7050
Solikah SN, Trisnowati T. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dengan Ketajaman Mata pada Anak Usia 10-12 Tahun dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. 2022;4(3).
Nisaussholihah N, Faradis H, Roesbiantoro A, Muhammad D, Salim H. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kejadian Miopia Pada Anak Usia Sekolah (4-17 Tahun) Di Poli Mata Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. J Kesehat Islam Islam Health J. 2020;9(2):55. doi:10.33474/jki.v9i2.8872
Copyright (c) 2024 Budi Hernawan, Muhammad Hafizh Hanifa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.