HUBUNGAN MANFAAT PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA/I SMP HARAPAN 1 MEDAN

  • Mayasari Rahmadhani Universitas Islam Sumatera Utara
  • Weli Yuliani Universitas Islam Sumatera Utara
Keywords: Gadget, Prestasi belajar, Pelajar

Abstract

Gadget atau gawai adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan yang dirancang lebih canggih. Pada zaman sekarang penggunaan gadget tidak memandang usia khususnya pada anak sekolah sering menimbulkan masalah pada proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan prestasi belajar. Penelitian ini bersifat survey analitik dengan desain penelitian cross sectional.Sampel diambil dengan teknik total sampling sebanyak 129 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan nilai rata-rata rapot siswa. Uji korelasi Spearman digunakan untuk menganalisis hubungan manfaat pengggunaan gadget dengan prestasi belajar. Hasil uji korelasi Spearman didapatkan nilai p= 0,030 dan r= -0,191. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara manfaat penggunaan gadget dengan prestasi belajar dengan kuat korelasi tergolong sangat lemah dan dengan arah negatif. Artinya, semakin tinggi penggunaan gadget pada siswa, maka semakin rendah prestasi belajar mahasiswa tersebut, begitupula sebaliknya.

Published
2021-02-01
How to Cite
Rahmadhani, M., & Yuliani, W. (2021). HUBUNGAN MANFAAT PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA/I SMP HARAPAN 1 MEDAN. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(1), 42-48. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v20i1.88
Section
Research Article