PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR PADA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN SWASTA DI SEMARANG

  • Ratna Widyaningrum Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim
  • Rahmayanti Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim
  • Sudaryanto Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim
  • Siti Maisyaroh Bakti P Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim

Abstract

Institusi pendidikan kedokteran harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi mahasiswa kedokteran tanpa menurunkan standar dan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar pada program studi Sarjana Kedokteran di Fakultas Kedokteran, sehingga dapat menjadi masukan kepada pihak institusi dalam upaya optimalisasi lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan melibatkan 140 responden mahasiswa terdiri dari semester 3, 5 dan 7. Penelitian untuk mengetahui persepsi mahasiswa ini diambil menggunakan kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan 80% mahasiswa memiliki persepsi “sedang” terhadap lingkungan belajar fakultas kedokteran. Berdasarkan hasil tersebut diketahui ada beberapa item mendapatkan respon negatif dari mahasiswa, yang menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang tidak puas terhadap elemen-elemen yang ada pada lingkungan belajar fakultas kedokteran. Oleh karena itu, perlu ada peningkatan kualitas lingkungan belajar di fakultas kedokteran.

References

Vaughan B, Carter A, Macfarlane C, Morrison T. The DREEM, part 1: measurement of the educational environment in an osteopathy teaching program. BMC Med Educ. 2014;14(1):99. doi:10.1186/1472-6920-14-99

Suprapti. Faktor eksternal yang mempengaruhi tingginya prestasi belajar mahasiswa tingkat II di STIKES Widya Dharma Husada Tanggerang. J Kesehat Dan Budaya. 2015;8(2):1.

A. K. Mkumbo K, Amani J. Perceived University Students’ Attributions of Their Academic Success and Failure. Asian Soc Sci. 2012;8(7). doi:10.5539/ass.v8n7p247

Naibaho H, Adi F, . V, . S. Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya). J Manaj Pemasar. 2012;5(1). doi:10.9744/pemasaran.5.1.22-26

Tontuş HÖ. DREEM; dreams of the educational environment as its effect on education result of 11 Medical Faculties of Turkey. J Exp Clin Med. 2010;27(3):104–108.

McAleer S, Roff S, Dent J, Harden RM. A practical guide for medical teachers. D John, H Ronald, H Dan (Eds), A Pract Guid Med Teach (. Published online 2009:64–68.

Bakhshialiabad H, Bakhshi M, Hassanshahi G. Students’ perceptions of the academic learning environment in seven medical sciences courses based on DREEM. Adv Med Educ Pract. Published online 2015:195–203.

Cetin-Dindar A. Student Motivation in Constructivist Learning Environment. EURASIA J Math Sci Technol Educ. 2015;12(2). doi:10.12973/eurasia.2016.1399a

Mushtaq R, Ansar A, Bibi A, et al. Quality of educational environment at wah medical college: assessment by using dundee ready educational environment measure. J Ayub Med Coll Abbottabad. 2017;29(3):441–444.

Tejoyuwono AAT, Armyanti I, Nugraha RP. Gambaran Evaluasi Penilaian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter terhadap Lingkungan Pembelajarannya. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2015;4(3):109. doi:10.22146/jpki.25279

Bustamam N, Pradnyamita R, Aprilia CA, Wahyukarno W. Hubungan Kurikulum Pendidikan Tahap Sarjana terhadap Kompetensi Mahasiswa pada Tahap Profesi di Rumah Sakit Pendidikan. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2012;1(3):175. doi:10.22146/jpki.25103

Aghamolaei T, Fazel I. Medical students’ perceptions of the educational environment at an Iranian Medical Sciences University. BMC Med Educ. 2010;10(1):87. doi:10.1186/1472-6920-10-87

Sayed H, El-Sayed N, Abdel Rahman NB. Student’s Perceptions of the educational environment of the nursing program in Faculty of Applied medical Sciences at Umm-Al-Qura University, KSA. J Am Sci. 2012;8(4):69–75.

Dunne F, McAleer S, Roff S. Assessment of the undergraduate medical education environment in a large UK medical school. Health Educ J. 2006;65(2):149–158. doi:10.1177/001789690606500205

Rahman NIA, Aziz AA, Zulkifli Z, et al. Perceptions of students in different phases of medical education of the educational environment: Universiti Sultan Zainal Abidin. Adv Med Educ Pract. Published online 2015:211–222.

McAleer S, Roff. S. Learning environmentNo Title. In: Dent J, Harden R, ed. A Practical Guide for Medical Education. 4 ed. Churcill Livingstone Elsevier; 2013:392–399.

Youssef W, Wazir YME, Ghaly MS, Khadragy RAE. Evaluation of the learning environment at the faculty of medicine, Suez Canal University: Students’ perceptions. Intel Prop Rights. 2013;1(102):1–7.

Mayya SS, Roff SUE. Students′ perceptions of educational environment: a comparison of academic achievers and under-achievers at kasturba medical college, India. Educ Heal. 2004;17(3):280–291.

Al-Hazimi A, Zaini R, Al-Hyiani A, et al. Educational environment in traditional and innovative medical schools: a study in four undergraduate medical schools. Educ Heal. 2004;17(2):192–203.

Wowor PM, Mewo YM, Dehoop JJ, Manoppo FP, Memah MF. Persepsi Mahasiswa terhadap Atmosfer Pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. J Perpipki. 2011;2:1–8.

Soemantri D, Roff S, McAleer S. Student perceptions’ of the educational environment in the midst of curriculum change. Med J Indones. 2008;17(1):57–63.

Tompodung LM. Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran di Universitas Sam Ratulangi Manado. eBiomedik. 2017;5(2).

Harden RM, Crosby JR. The good teacher is more than a lecturer–the twelve roles of the teacher. AMEE Medical Education Guide No 20. Med Teach. 2000;22(4):334–347.

Shafira NNA. Presepsi Mahasiswa Terhadap Lingkungan Pembelajaran di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Jambi Med J J Kedokt dan Kesehat. 2017;5(2).

Yusoff MSB, Ja’afar R, Arzuman H, Arifin WN, Mat Pa MN. Perceptions of medical students regarding educational climate at different phases of medical training in a Malaysian medical school. Educ Med J. 2013;5(3).

Jishnu V, Gilhotra RM, Mishra DN. Pharmacy education in India: Strategies for a better future. J Young Pharm. 2011;3(4):334–342.

Published
2024-07-12
How to Cite
Ratna Widyaningrum, Rahmayanti, Sudaryanto, & Siti Maisyaroh Bakti P. (2024). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR PADA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN SWASTA DI SEMARANG. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 23(2), 287-297. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v23i2.676
Section
Research Article