RIWAYAT STATUS GIZI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PUSKESMAS AMPLAS KOTA MEDAN

  • Dinda Saufia Rahma Universitas Islam Sumatera Utara
  • Surya Akbar Universitas Islam Sumatera Utara
  • Mayang Sari Ayu Universitas Islam Sumatera Utara
  • Meri Susanti Universitas Islam Sumatera Utara
  • Dewi Pangestuti Universitas Islam Sumatera Utara

Abstract

Perkembangan kognitif berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan pada otak yang telah terjadi sangat pesat pada trimester ketiga kehamilan sampai usia 2 tahun. Kekurangan gizi sejak bayi hingga umur 2 tahun dapat mengakibatkan sel otak berkurang 15-20% yang mengakibatkan anak. Prevalensi kekurangan gizi di Propinsi Sumatera Utara sebesar 5,4%, sangat kurus 4,6% dan sangat pendek 13,2%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui riwayat status gizi dan kemampuan kognitif anak usia pra sekolah. Jenis penelitian yang dilakukan ialah deskriptif kuntitatif dengan desain kohort retropsektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia pra sekolah sedang mengikuti pendidikan formal anak usia dini. Teknik pengambilan sampel puposive sampling dengan besar sampel sebanyak 79 anak yang dihitung menggunakan rumus data proporsi. Hasil penelitian didapat anak usia pra sekolah berjenis kelamin laki-laki lebih banyak dari perempuan. Anak usia pra sekolah yang mengikuti pendidikan formal usia dini berusia 6 tahun lebih banyak dari 5 tahun. Riwayat status gizi yang normal lebih banyak dari yang memiliki riwayat status gizi tidak normal. Kemampuan kognitif anak yang normal lebih banyak dari pada yang tidak normal. Diharapkan orang tua agar lebih memperhatikan pola asuh anaknya agar kebutuhan asupan gizi pada anak untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan kognitif pada anak.

References

Putri PAKKDM, Lely AAO, Evayanti LG. Hubungan antara Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia 6 - 24 Bulan. Aesculapius Med J. 2021;1(1):1-7.

Fadilah IN. Pengaruh Status Gizi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Diponegoro 06 Bantarsoka Kabupaten Banyumas. Published online 2019:1-89.

Mu’min SA. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. J Al-Ta’dib. 2013;6(1):89-99.

Hijriati H. Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya J Pendidik Anak. 2017;1(2). doi:10.22373/bunayya.v1i2.2034

Pitriani LD. Hubungan status gizi dengan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Hidayatul Insan Palangka Raya. 2021;5(2):112-121.

Kalew PA, Pambudi W. Hubungan pemberian ASI eksklusif terhadap perkembangan kognitif bayi usia 3-24 bulan di Puskesmas Grogol Petamburan Jakarta Barat tahun 2019. Tarumanagara Med J. 2020;3(1):188-194.

WHO. Levels And Trends In Child Malnutrition. Published online 2020:1-16.

Zhamaroh LAN, Suhartono S, Nugraheni SA. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Kognitif Balita Umur 2-3 tahun di Wilayah Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang. J Manaj Kesehat Indones. 2018;6(3):171-178. doi:10.14710/jmki.6.3.2018.171-178

Jain M, Passi GR. Assessment of a modified mini-mental scale for cognitive functions in children. Indian Pediatr. 2005;42(9):907-912.

El-sayeh AE sattar A, El- MMAE khalik. Diagnostic Value Of Modified Mini Mental State Examination For Detection Of Cognitive Impairment In Children With Epilepsy. Al-Azhar J Pedriatic. 2021;24(2):2145-2160.

Simbolon DT. Hubungan Jumlah Kunjungan Ibu Ke Posyandu Dengan Status Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Amplas. J Keperawatan Prior. 2020;3(2). doi:10.34012/jukep.v3i2.958

Puspitasari KD, Widarini P. Overweight is associated with low fitness level among regional government employees in Denpasar City. Public Heal Prev Med Arch. 2021;9(2). doi:10.15562/phpma.v9i2.317

Shafiq A, Hussain A, Asif M, Jameel A, Sadiq S, Kanwel S. Determinants of gender disparity in nutritional intake among children in Pakistan: Evidence from PDHS. Children. 2022;9(1). doi:10.3390/children9010007

Singh A, Patel SK. Gender differentials in feeding practices, health care utilization and nutritional status of children in Northern India. Int J Hum Rights Healthc. 2017;10(5). doi:10.1108/IJHRH-05-2017-0023

Mayang Sari Ayu. Efektivitas Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak Sebagai Media Komunikasi, Edukasi Dan Informasi. J Kedokt Ibnu Nafis. 2019;8(2). doi:10.30743/jkin.v8i2.23

Fitri Kartika R, Fatimah S, Rahfiludin Zen M. Analisis FAktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Balita Suku Anak Dalam (SAD) (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun Jambi). J Kesehat Masy. 2017;5(4).

Kamiya Y. Socioeconomic determinants of nutritional status of children in Lao PDR: Effects of household and community factors. J Heal Popul Nutr. 2011;29(4). doi:10.3329/jhpn.v29i4.8449

Buckner L, Carter H, Ahankari A, et al. Three-year review of a capacity building pilot for a sustainable regional network on food, nutrition and health systems education in India. BMJ Nutr Prev Heal. 2021;4(1). doi:10.1136/bmjnph-2020-000180

Ghosh PK, Das P, Goswam DR, et al. Maternal Characteristics Mediating the Impact of Household Poverty on the Nutritional Status of Children Under 5 Years of Age in Bangladesh. Food Nutr Bull. 2021;42(3). doi:10.1177/0379572121999016

Fastring D, Keel K, Colby D, Conner JM, Hilbert A. Head Start Centers Can Influence Healthy Behaviors: Evaluation of a Nutrition and Physical Activity Educational Intervention. J Sch Health. 2019;89(9). doi:10.1111/josh.12811

Ndekero TS, Carneiro LC, Masumo RM. Prevalence of early childhood caries, risk factors and nutritional status among 3-5-yearold preschool children in Kisarawe, Tanzania. PLoS One. 2021;16(2 February 2021). doi:10.1371/journal.pone.0247240

Fitriani E. Faktor Positive Deviance Karakteristik Keluarga Miskin Dengan Status Gizi Anak Usia 0-24 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Medan Amplas Tahun 2019. J Kesehat Ilm Indones (Indonesian Heal Sci Journal). 2020;5(2). doi:10.51933/health.v5i2.295

Marinda L. Piaget dan problematikanya. J An-Nisa J Kaji Peremp Keislam. 2020;13(1).

Nasution AN, Diba F, Dania IA, Susanti M. Status Gizi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Panyabungan III. JIK J ILMU Kesehat. 2022;6(1). doi:10.33757/jik.v6i1.509

Yunita L. Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Posyandu Bunga Maja Kecamatan Gunung Sari. Nutr J Pangan,Gizi,Kesehatan. 2021;2(2). doi:10.30812/nutriology.v2i2.1581

Catur Utami D, Nur Azizah A, Nur Azizah A. Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Balita Usia 1-5 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Kutasari. Avicenna J Heal Res. 2023;6(1). doi:10.36419/avicenna.v6i1.820

Koshy B, Srinivasan M, Gopalakrishnan S, et al. Are early childhood stunting and catch-up growth associated with school age cognition? -Evidence from an Indian birth cohort. PLoS One. 2022;17(3 March). doi:10.1371/journal.pone.0264010

Published
2025-01-01
How to Cite
Rahma, D. S., Akbar, S., Mayang Sari Ayu, Susanti, M., & Dewi Pangestuti. (2025). RIWAYAT STATUS GIZI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PUSKESMAS AMPLAS KOTA MEDAN. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 24(1), 125-132. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v24i1.567
Section
Research Article