HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT STRES MAHASISWA FK UISU SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang ditemukan pada tahun 2019. Dalam upaya meminimalisir penyebaran lebih luas dari Covid-19, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk melakukan physical distancing dan social distancing. Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, mahasiswa terkadang memiliki permasalahan pada pembelajaran daring yang menimbulkan turunnya semangat mahasiswa dalam belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar dan tingkat stres mahasiswa di FK UISU angkatan 2018 selama pandemi Covid-19. Metode penelitian analitik observasional menggunakan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang mahasiswa Angkatan 2018 FK UISU. Penelitian ini menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil Uji Spearman antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa didapati nilai p = 0.000 (p-value< 0.05) dan nilai korelasi = 0.516. Sedangkan hasil Uji Spearman antara pembelajaran daring dengan tingkat stres mahasiswa didapati nilai p = 0.000 (p-value< 0.05) dan nilai korelasi = 0.697. Terdapat hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa di FK UISU Angkatan 2018 selama pandemi Covid-19. Terdapat hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stres mahasiswa di FK UISU Angkatan 2018 selama pandemi Covid-19.
Copyright (c) 2023 Dewi Shilfani Siregar, Muhammad Budi Syahputra, Marzuki Samion, Ade Chandra Sulistiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.