GAMBARAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS PADA MAHASISWA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA PADA MASA PANDEMI
Abstract
Pelaksanaan pendidikan daring pada perkuliahan daring ini, mempunyai karakteristik yang cukup berbeda dengan perkuliahan luring, karena peran yang dibutuhkan mahasiswa dalam pembelajaran daring jauh lebih besar dibandingkan peran mahasiswa dalam perkuliahan luring sehingga membutuhkan Self Directed Learning Readiness (SDLR) dari mahasiswa agar proses pembelajaran daring yang dilaksanakan dapat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self directed learning readiness pada mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara pada masa pandemi. Metode penelitian ini adalah deskriptif obsevasional dengan pendekatan cross sectional. Berdasarkan Penelitian yang sudah dilakukan, dapat diketahui bahwa distribusi frekuensi Self Directed Learning Readiness (SDLR) mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara didapatkan skor SDLR yang tinggi. Berdasarkan aspek SDLR didapatkan bahwa aspek SDLR yang tertinggi pada kontrol diri, aspek SDLR terendah pada aspek manajemen diri. Dan berdasarkan angkatan yang tertinggi pada tahun 2018 dan yang terendah 2018.
Copyright (c) 2022 Sonia Pertiwi, Saiful Batubara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.