DETERMINAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PESERTA JKN PENERIMA BANTUAN IUR DI RSUD CUT MEUTIA LHOKSEUMAWE TAHUN 2020
Abstract
Kepuasan pasien adalah aspek penting dalam mengukur kualitas mutu pelayanan rumah sakit. Kualitas pelayanan rumah sakit dapat diketahui dari pelayanan serta kepuasan pasien. Kepuasan pasien ditentukan oleh mutu pelayanan yaitu tampilan fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati. Persentase jumlah pasien rawat inap mengalami penurunan dari bulan November sampai Januari 2019. Penurunan persentase pasien rawat inap mengindikasikan apakah angka kesakitan pasien yang menurun atau ada masalah dengan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien. Untuk mengetahui serta mendapatkan gambaran determinan kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam peserta Jaminan Kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran terhadap mutu pelayanan (tampilan fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) di RSUD Cut Meutia Lhokseumawe Tahun 2020. Penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling sebanyak 51 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien JKN (PBI) di RSUDCM sangat puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Berdasarkan dimensi mutu pelayanan yang tertinggi pada dimensi empati (98,04%) dan terendah pada dimensi keandalan (86,27%) berdasarkan kepesertaan secara umum pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) penerima bantuan iur cukup puas terhadap mutu pelayanan kesehatan yang diberikan RSUD Cut Meutia Lhokseumawe.
Copyright (c) 2021 Geraldo Vereyl Nauvalio Yordan, Aulia Novasyra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.