DETERMINAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RSUD DR DJOELHAM BINJAI
DETERMINANTS OF INPATIENT SATISFACTION AMONG NATIONAL HEALTH INSURANCE PARTICIPANTS AT RSUD DR. DJOELHAM BINJAI
Abstract
Kepuasan dimulai dengan penerimaan pasien yang pertama kali datang hingga mereka meninggalkan rumah sakit. Fluktuasi jumlah pasien rawat inap dari menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam kepuasan pasien karena penambahan jumlah pasien JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di Binjai tidak sejalan dengan jumlah pasien di RSUD Dr. Djoelham, Binjai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh determinan sosiodemografi pasien serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta JKN di RSUD Dr. Djoelham, Binjai. Penelitian menggunakan metode survei dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian adalah 112 pasien JKN yang menggunakan layanan kesehatan di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Djoelham diambil dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi logistik berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perawatan, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh terhadap ketidakpuasan pasien, Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah daya tanggap. Daya tanggap merupakan indikator kesigapan Rumah Sakit dalam menangani keluhan pasien, tanggapan dari Rumah Sakit terhadap saran dari para pasien, responden kecepatan dari Rumah Sakit untuk memuaskan setiap keinginan pasien.
References
Thabrany H. Jaminan Kesehatan Nasional. Rajawali Pers; 2014.
Kharisma DD. Indonesian health system performance assessment: The association between health insurance expansion with health status and health care access. J Perenc Pembang Indones J Dev Plan. 2020;4(3):312-326.
Wong E, Mavondo F, Fisher J. Patient feedback to improve quality of patient-centred care in public hospitals: a systematic review of the evidence. BMC Health Serv Res. 2020;20:1-17.
Tola YP, Fitriani AD, Yuniati Y. Analisis Pengaruh Kinerja Dokter Spesialis Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. RM Djoelham Binjai. J Kesehat dan Fisioter. 2024:195-203.
Sitepu DC. Determinan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di RSUD Dr Djoelham Binjai. 2016.
Hutahaean S, Nababan D. Analisis Hubungan Lama Perawatan dan Jenis Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di RS X. J Keperawatan Widya Gantari Indones Vol. 2022;6(3).
Rahimi H, Khammar-nia M, Kavosi Z, Eslahi M. Indicators of hospital performance evaluation: a systematic review. Int J Hosp Res. 2014;3(4):199-208.
Swain S, Kar NC. Hospital service quality as antecedent of patient satisfaction–a conceptual framework. Int J Pharm Healthc Mark. 2018;12(3):251-269.
Taolin ML, Utomo MN, Wahyudi S, Pangestuti IRD. How does good corporate governance create customer trust? The role of service quality and corporate image. Calitatea. 2019;20(173):37-42.
Vogus TJ, McClelland LE. When the customer is the patient: Lessons from healthcare research on patient satisfaction and service quality ratings. Hum Resour Manag Rev. 2016;26(1):37-49.
Cartwright A, Anderson R. General Practice Revisited: A Second Study of Patients and Their Doctors. Taylor & Francis; 2024.
Fachri M. Pelayanan dan Daya Tanggap terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit X Tahun 2023. J Kedokt dan Kesehat. 2024;20(1):87-98.
Copyright (c) 2024 Dovi Camela Sitepu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.