HUBUNGAN RESILIENSI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KESEHATAN DI RSU ROYAL PRIMA MARELAN

THE RELATIONSHIP OF RESILIENCE WITH WORK PRODUCTIVITY OF HEALTH PERSONNEL AT ROYAL PRIMA MARELAN RSU

  • Wiwi April Yanti Simanjuntak Universitas Prima Indonesia
  • Hartono Universitas Prima Indonesia
  • Victor Trismanjaya Hulu Universitas Prima Indonesia
Keywords: Reseliensi, Produktifitas Kerja, Tenaga Kesehatan

Abstract

Resiliensi memiliki kompetensi personal, dan percaya terhadap diri sendiri, hal ini akan membuat karyawan menganggap suatu pekerjaan adalah hal yang sangat penting dan tidak akan merasa khawatir akan kelangsungan pekerjaannya dan tidak akan mempengaruhi produktivitasnya dalam melakukan yang sudah menjadi tugasnya. di masa yang akan datang. Jenis penelitian ini melalui pendekatannya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode analitik. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan dari karyawan tenaga kesehatan di RSU Royal Marelan yang berjumlah 244 orang dan teknik pengambilan sampel proporsi binomunal yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian ini adalah Resiliensi (p-value = 0.359) tidak mempunyai hubungan dengan Produktivitas Kerja Tenaga Kesehatan di RSU Royal Prima Marelan Tahun 2023.

References

Faried. Pengaruh Resiliensi dan Komitmen Terhadap Kinerja Yang Dimediasi Keterikatan Karyawan. J Cakrawala Ilm. 2024;3(6).

Sinungan. Produktivitas Apa Dan Bagaimana. Bumi Aksara; 2017.

Akbar, Tahoma. Dukungan Sosial Dan Resiliensi Diri Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP-Jurnal Penelit Dan Pengukuran Psikolog. 2018;7(1):53-59.

Hawabi. Pengaruh Resiliensi Terhadap Juvenile Delinquency. akultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang; 2019.

Dewanti, Suprapti D. Resilensi Remaja Putri terhadap Prolematika Pasca Orang Tua Bercerai. J Psikol dan Perkemb. 2017;3(3).

Syafrizaldi H, Dalimunte. Gambaran Resiliensi Pada Remaja Penyintas Erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo. URNAL Penelit Pendidik. 2023;1(4):31-37.

Khusniatun. Ubungan Antara Resiliensi Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta; 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta; 2016.

Mashudi EA. Konseling Rational Emotive Behavioral dengan Teknik Pencitraan untuk Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa Berstatus Sosial Ekonomi Lemah. J Bimbing Dan Konseling,. 2016;5(1):66-78.

Saifuddin. Hubungan Antara Resiliensi Dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan Perusahan Telekomunikasi PT. Cendana Teknika Utama. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang; 2018.

Mirad, M F. Pengaruh Resiliensi Terhadap Burnout Pada Perawat Rumah Sakit Di Jakarta. Universitas Negeri Jakarta; 2019.

Published
2024-12-01
Section
Artikel Penelitian