HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEJADIAN KANKER KOLOREKTAL DI RSUD DR PIRNGADI MEDAN TAHUN 2019 -2020

THE RELATIONSHIP BETWEEN BODY MASS INDEX AND THE INCIDENCE OF COLORECTAL CANCER AT DR PIRNGADI HOSPITAL MEDAN IN 2019-2020

  • Roma Halomoan Siregar Universitas Islam Sumatera Utara
  • Suryani Eka Mustika Universitas Islam Sumatera Utara
Keywords: Indeks Massa Tubuh, Kejadian Kanker, Kolorektal

Abstract

Kanker kolorektal suatu tumor maligna yang muncul dari jaringan epitel colon atau rektum. KKR ditujukan pada tumor ganas yang ditemukan di colon dan rektum. Menurut WHO Kanker Kolorektal (KKR) merupakan keganasan ke lima terbanyak di dunia dan penyebab kematian kedua terbanyak seluruh dunia. Di Indonesia, KKR merupakan jenis kanker ketiga terbanyak. Obesitas meningkatkan risiko terkena dan meninggal akibat Kanker Kolorektal. Obesitas meningkatkan risiko kanker colon dan rektum pada pria dan wanita, tetapi kaitannya tampaknya lebih kuat pada pria. Menurut American Society of Clinical Oncology, pasien kanker kolorektal mengalami penurunan berat badan pasca operasi yang menyebabkan penurunan indeks massa tubuh (IMT). Untuk Mengetahui Hubungan Indeks Massa Tubuh Dengan Kejadian Kanker Kolorektal Di Rsud Dr Pirngadi Medan Tahun 2019-2020.

Penelitian ini bersifat analitik, desain cross sectional untuk mengetahui Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan kejadian Kanker Kolorektal Di Rsud Dr Pirngadi Medan Tahun 2019-2020 dengan sampel 75 orang dengan metode Total Sampling kriteria peneliti sendiri dengan uji analisa data Uji korelasi Eta. Hasil uji Uji korelasi Eta antara Indeks Massa Tubuh Dengan Kejadian Kanker kolorektal didapatkan hubungan signifikan antara Indeks Massa Tubuh dengan kejadian Kanker Kolorektal dengan nilai Fhitung (3,304) > Ftabel(2,73).

Published
2024-06-01
Section
Artikel Penelitian