ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KELUARGA PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN TERHADAP MINAT PEMANFAATAN KEMBALI RUANG RAWAT INAP ANAK DI RUMAH SAKIT SUNDARI
Abstract
Keluarga berperan penting dalam menentukan rumah sakit untuk merawat anaknya. persepsi yang tidak baik mengenai mutu pelayanan rumah sakit akan mengurangi penggunaan kembali pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh persepsi keluarga pasien tentang mutu pelayanan terhadap minat pemanfaatan kembali ruang rawat inap anak di Rumah Sakit Sundari Medan. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik, dengan desain cross-sectional. Populasi adalah rerata keluarga pasien rawat inap anak yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di RSU Sundari Medan tahun 2014 dengan sampel berjumlah 47 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan instrumen kuesioner. Analisa data dilakukan dengan Chi Square dan uji regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi ketanggapan (p=0,016) nilai OR=6,434 dan empati (p=0,027) nilai OR=5,443 adalah yang paling mempengaruhi minat pemanfaatan kembali ruang rawat inap anak. Dimensi ketanggapan adalah yang paling berpengaruh terhadap minat memanfaatan kembali fasilitas ruang rawat inap anak dengan kemungkinan 6,434 kali lipat lebih banyak untuk kembali memanfaatkan ruang rawat inap anak.
Copyright (c) 2023 Aulia Novasyra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.