HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN INDEKS PRESTASI SISWA SMA SWASTA NASRANI 3 MEDAN
Abstract
Perkembangan dunia internet yang sangat pesat belakangan ini mengakibatkan munculnya kebiasaan bermain game online. Rata-rata pemain game onlie didominasi oleh remaja usia sekolah. Bermain game online dapat membuat kecanduan serta memicu munculnya perilaku negatif. Kebiasaan bermain game online dapat mempengaruhi indeks prestasi belajar siswa pada berbagai tingkatan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecanduan game online dengan indeks prestasi belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang dan dianalisis menggunakan Uji Korelasi Spearman. Sampel penelitian diambil menggunakan metode total sampling dan didapatkan sampel sejumlah 120 siswa. Penelitian ini mendapatkan hasil nilai p=0,025 (p<0,05) dan nilai r=0,204 yang bermakna terdapat hubungan yang rendah antara tingkat kecanduan game online dengan indeks prestasi siswa SMA Swasta Nasrani 3 dengan arah hubungan yang positif.