HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELF DIRECTED LEARNINGMAHASISWA FK UISU PADA TAHUN 2021

  • Dinda Sri Utami Universitas Islam Sumatera Utara
  • Sinta Veronica Universitas Islam Sumatera Utara
Keywords: angkatan, usia, kecerdasan emosional, self directed learning

Abstract

Pembelajaran secara mandiri juga berkaitan dengan sikap individu dan kemampuan belajar. Ketidakseimbangan antara metode pembelajaran mandiri dengan sikap individu dapat menyebabkan kecemasan dan kesulitan dalam proses belajar mandiri yang terdapat pada konsep Emotional Quotient (EQ). Emotional Quotient (EQ) atau disebut dengan kecerdasan emosional yaitu kemampuan atau keterampilan dalam mengendalikan diri, memiliki semangat dan ketekunan yang tinggi, mampu memotivasi dirinya sendiri dalam mengerjakan sesuatu dan mempu berinteraksi baik dengan orang lain.Mengetahui Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Self Directed Learning Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara pada Tahun 2021. Penelitian ini bersifat deskriptif, desain retrospektif dengan populasi seluruh mahasiswa/i FKUISU sehingga memerlukan sampel 83 orang yang diambil secara probabilty sampling purposive sampling dengan memiliki kriteria inklusi Mahasiswa aktif tahun ajaran 2020/2021 pada Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara yang dilakukan dengan mengisi kuisoner yang telah dilakukan uji validasi dan reabilitas dengan menggunakan analisa data uji chi square.dimana didapatkan responden terbanyak adalah responden angkatan 2018, dengan memiliki kecerdasan emosional yang rendah dan memiliki memiliki Self Directed Learning sedang, dimana dari kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang sangat erat diantara keduanya.

Published
2021-12-01
Section
Artikel Penelitian