HUBUNGAN ANTARA CEDERA KEPALA DAN TERJADINYA VERTIGO DI RSUD DR PIRNGADI MEDAN PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019

  • Yuni Khairani Universitas Islam Sumatera Utara
  • Tri Makmur Universitas Islam Sumatera Utara
Keywords: Cedera kepala, Vertigo, Kecelakaan

Abstract

Cedera kepala merupakan suatu masalah kesehatan, sosial dan ekonomi yang paling penting di seluruh dunia dan penyebab utama dengan kematian dan disabilitas permanen pada usia dewasa. Salah satu akibat dari cedera kepala adalah vertigo.Vertigo menempati urutan ketiga tersering yang dikeluhkan pasien.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara cedera kepala dengan terjadinya vertigo di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Pirngadi Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Pirngadi Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang tercatat di rekam medis mengalami cedera kepala dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner penelitian dan dianalisis dengan uji Chi-Square.

Penelitian ini memiliki nilai p=0,001 (p<α), hal ini bermakna bahwa ada hubungan yang signifikan antara cedera kepala dengan terjadinya vertigo di Rumah sakit umum pendidikan dr Pirngadi Medan. Disarankan agar pasien atau masyarakat segera memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami vertigo setelah terjadi cedera di kepala. Selain itu, perlu menjaga rutinitas harian supaya tidak terlalu berlebihan sehingga menyebabkan vertigo.

Published
2021-06-01
Section
Artikel Penelitian